Apa Itu Amandel ?

By | 23 Juli 2020

Apa Itu Amandel ?

Apa Itu Amandel ?

Apa Itu Amandel ? orang Indonesia cenderung menamakan penyakit ini dengan sebutan amandel, padahal amandel merupakan nama lain dari benjolan yang berada di tenggorokan ini. Penyakit radang ini cenderung mudah sekali berkembang karena kurangnya informasi di masyarakat. Penyakit ini adalah tonsilitis adalah kondisi tonsil atau amandel bengkak akibat meradang karena kuman penyakit. Walau menimbulkan rasa yang tidak nyaman, tonsilitis jarang merupakan penyakit yang serius. Kondisi ini dapat terjadi pada pasien dengan usia berapapun, namun paling banyak ditemui pada anak-anak kecil hingga remaja.

Apa yang menyebabkan amandel bengkak?

Radang tenggorokan ini hampir pernah dialami siapa saja. Namun perlu diketahui, bahwa fungsi amandel adalah mendukung sistem imun tubuh dengan melindungi tubuh dari serangan infeksi yang akan masuk menyerang tubuh melalui mulut. Nah saat amandel atau tonsil itu sendiri yang terinfeksi, ia akan meradang yang menyebabkan amandel bengkak.

Gejala-gejala yang biasanya ditunjukkan saat tonsil mengalami peradangan antara lain adalah demam, timbulnya rasa sakit pada tenggorokan dan rasa sakit saat menelan, serta warnanya yang memerah.

Tonsil yang bengkak ini dapat terjadi karena disebabkan beberapa hal, seperti virus dan bakteri. Virus yang menyebabkan peradangan pada tonsil adalah virus yang sama dengan virus yang menyebabkan batuk dan flu. Sedangkan bakteri yang menyebabkan tonsilitis umumnya adalah bakteri streptococcus bacteria.

Ada beberapa hal lain yang menyebabkan kondisi ini terjadi, yakni:

1. Penyakit asam lambung (GERD)

Makanan yang Anda makan, dari tenggorokan menuju ke lambung harus melewati suatu tabung panjang penghubung yang disebut sebagai kerongkongan. Otot berupa katup pada kerongkongan inilah yang mencegah adanya arus balik pada makanan dari lambung kembali ke tenggorokan.

Namun saat katup pada otot kerongkongan tidak bekerja sebagaimana mestinya, dengan menutup jalan agar makanan tidak kembali ke tenggorokan, asam lambung Anda mengalir ke kerongkongan, lalu mengiritasi dinding kerongkongan. Kondisi inilah yang lalu dikenal dengan penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

Suatu penelitian yang dilakukan oleh American Academy of  Otolaryngology mengungkapkan bahwa, penyakit asam lambung (GERD) ini dapat memicu terjadinya amandel bengkak. Penelitian tersebut didukung oleh Dokter Michael Friedman, yang mengatakan bahwa kondisi ini bisa terjadi karena asam lambung memberi dampak yang sama dengan penyebab penyakit lain terhadap tonsil.

2. Kebiasaan merokok

Suatu penelitian yang dilakukan di Colorado menunjukkan bahwa ada hubungan antara perilaku merokok dengan pembesaran hingga kanker pada tonsil. Kondisi ini diprediksi terjadi sebagai reaksi dari tonsil terhadap reaksi kimia yang terkandung dalam rokok.

Apa bedanya radang tenggorokan dengan sakit amandel?

Terkadang, sakit di tenggorokan dan rasa nyeri saat menelan makanan sering dianggap sebagai gejala tonsilitis. Begitupun sebaliknya, gejala amandel bengkak juga sering dianggap sepele sebagai sakit tenggorokan. Akan tetapi, tahukah Anda kalau keduanya berbeda?

Ya, memang sakit tenggorokan, dalam hal ini radang tenggorokan, erat kaitannya dengan kondisi amandel bengkak. Meski sekilas keduanya memiliki gejala yang hampir sama, tapi radang tenggorokan merupakan penyakit yang berbeda. Apa bedanya?

Apa itu radang tenggorokan?

Radang tenggorokan istilah medisnya disebut dengan faringitis. Sakit tenggorokan yang disebabkan sering kali disebabkan oleh infeksi berbagai virus atau infeksi bakteri Streptococcus pyogenes. Biasanya orang yang mengalami radang tenggorokan akan mengalami rasa sakit di daerah tenggorokan, tepatnya di daerah laring, faring, dan kelenjar tonsil.

Kondisi ini bagi masyarakat Indonesia sering disebut dengan panas dalam. Penyakit radang tenggorokan akan membuat Anda merasa tidak nyaman karena tenggorokan terasa sakit atau panas, sehingga membuat Anda jadi kesulitan untuk menelan makanan.

Apa itu radang amandel?

Radang amandel adalah peradangan yang terjadi pada kelenjar tonsil, yaitu salah satu kelenjar yang berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh untuk menangkap dan membunuh kuman pada saluran pernapasan. Penyebab umumnya adalah infeksi virus dan selebihnya disebabkan karena bakteri.

Beberapa infeksi virus yang sering menyebabkan amandel bengkak seperti influenza, coronavirus, adenovirus, Epstein-Barr virus, dan herpes simplex virus. Namun, jangan salah, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh bakteri dari group A Streptococcus, yang juga jadi penyebab radang tenggorokan.

Bagaimana cara membedakan sakit karena radang tenggorokan dan karena tonsilitis?

Meski kedua penyakit ini sama-sama membuat rasa sakit dan tidak nyaman di bagian tenggorokan, namun ada beberapa gejala yang bisa jadi pembeda antara radang tenggorokan dengan tonsil. Orang yang mengalami radang tenggorokan umumnya akan merasakan:

  • Demam
  • Membengkaknya kelenjar getah bening di leher
  • Nyeri otot
  • Gatal di tenggorokan
  • Sakit dan sulit menelan
  • Tenggorokan merah

Sedangkan orang yang mengalami radang tonsil umumnya akan merasakan:

  • Demam
  • Perubahan warna putih atau kuning pada atau daerah sekitar tonsil
  • Kemerahan dan bengkak pada tonsil
  • Sakit dan sulit menelan

 

sumber: hellosehat.com

 

 

 

One thought on “Apa Itu Amandel ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *