Bagaimana Cara Mengobati Asma ?

By | 17 Juli 2020

Bagaimana Cara Mengobati Asma ?

Bagaimana Cara Mengobati Asma ?

Banyak sekali yang menanyakan bagaimana cara mengobati asma ? cara mengobati asma itu susah-susah gampang. Mengapa begitu ? karena faktor lingkungan dan gaya hiduplah yang mempengaruhi kesembuhan orang yang memiliki riwayat asma. Bayangkan, jika Anda mengalami ini tentu sangat tidak enak sekali.

Penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Pengobatan yang diberikan hanya bertujuan untuk mengurangi gejala dan mencegah kambuh.Pengobatan asma harus dibicarakan antara Anda dengan dokter. Hal ini dilakukan guna mendapatkan hasil pengobatan yang efektif dan maksimal.

Berikut adalah pilihan pengobatan yang diberikan oleh dokter:

1. Obat kontrol jangka panjang

Apabila kondisi yang dialami termasuk kronis atau persisten ringan hingga berat, pengobatan yang cocok untuk Anda adalah terapi jangka panjang.

Pengobatan jangka panjang bertujuan untuk mengendalikan keparahan gejala, dan mencegahnya kambuh secara berkelanjutan.

2. Obat kontrol jangka pendek

Pengobatan jangka pendek lebih bertujuan untuk meredakan serangan akut dengan segera saat kejadian. Fungsi obat ini adalah membantu meringankan gejala yang baru muncul dan kambuh sewaktu-waktu. Namun, obat ini tidak boleh diminum lebih dari 2 minggu.

Jika Anda menggunakan obat-obatan ini lebih dari 2 minggu, segera konsultasi ke dokter.

Dokter dapat membuat perubahan rencana aksi asma yang disesuaikan dengan kondisi Anda.

Komplikasi

Apa saja komplikasi asma yang mungkin terjadi?

Penyakit asma yang tidak dikendalikan dengan baik dapat memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan. Bahkan, penyakit ini bisa berdampak langsung pada fungsi tubuh Anda. Begitu pula jika pengobatannya tidak tepat.

Berikut beberapa komplikasi asma yang mungkin bisa terjadi:

  • Pneumonia (infeksi paru-paru)
  • Rusaknya paru-paru sebagian atau keseluruhan
  • Kegagalan pernapasan, di mana kadar oksigen dalam darah menjadi sangat rendah, atau kadar karbon dioksida menjadi sangat tinggi
  • Status asmatikus (serangan asma berat yang tidak merespon pengobatan)

Berbagai komplikasi ini membutuhkan bantuan medis darurat karena dapat berisiko fatal.

Pencegahan

Bagaimana cara mencegah kambuhnya serangan asma?

Meski tak bisa disembuhkan, serangan penyakit ini dapat Anda cegah supaya tidak kambuh.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kambuhnya asma, di antaranya:

1. Buat rencana aksi asma

Setiap pasien dengan kondisi ini dianjurkan untuk menentukan rencana perawatan bersama dokter dan tim kesehatan lainnya. Ini disebut rencana aksi asma. Dokter akan membantu dalam menent​​ukan jenis obat dan perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Pastikan Anda mengikuti rancangan perawatan tersebut supaya kambuhnya gejala dapat dicegah. 

2. Menghindari faktor pemicunya

Seseorang akan mengalami serangan gejala bila terpapar pemicunya. Maka dari itu, kenali hal-hal apa saja yang dapat memicu kekambuhan gejala Anda.

Beberapa faktor pemicu yang paling umum adalah paparan zat iritan dari asap rokok, polusi udara, bahan kimia dalam produk rumah tangga hingga bulu binatang dan serbuk sari. 

3. Rutin cek fungsi paru-paru

Rutin mengecek fungsi paru-paru dengan peak flow meter juga bisa jadi cara mencegah kekambuhan serangan. Peak flow meter membantu mengukur jumlah aliran udara dalam napas penderita sehingga akan memudahkan penanganan sebelum gejalanya memburuk.

Di sisi lain ini alat ini pun dapat membantu mengenali pemicunya sehingga penderita dapat menghindarinya. 

4. Minum obat sesuai yang dianjurkan dokter

Ketika gejala penyakit asma muncul, segera minum obat yang dianjurkan dokter dan hentikan aktivitas yang memicu kekambuhan gejala. Bila gejala yang Anda alami tidak juga membaik, jangan ragu untuk segera periksa ke dokter.

Jangan menghentikan pengobatan tanpa sepengetahuan dokter meski Anda merasa sudah lebih baik.

Pastikan Anda juga selalu membawa obat-obatan asma ke mana pun Anda pergi, dan setiap kali akan berkonsultasi ke dokter. Hal ini akan memudahkan dokter untuk melihat efek pengobatan yang sedang Anda jalani. 

6. Vaksin flu

Gejala dapat kambuh dipicu oleh batuk berkepanjangan akibat flu. Maka itu, tidak ada salahnya untuk melakukan vaksin flu. Namun pastikan Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter.

 

sumber : hellosehat.com

 

BACA JUGA :

Apa Itu Penyakit Asma ?

Apa Saja Gejala Asma ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *