Apakah Anda Mengalami Gejala Batu Ginjal ?

By | 13 Juli 2020

Apakah Anda Mengalami Gejala Batu Ginjal ?

Apakah Anda Mengalami Gejala Batu Ginjal ?

Coba cek lagi, apakah Anda mengalami gejala seperti batu ginjal ini ? mungkin sudah saatnya Anda melihat artikel ini. Penyakit batu ginjal atau kencing batu umum terjadi, yang biasanya menyerang orang yang berusia di atas 40 tahun, dan lebih banyak diderita kaum pria. Batu di ginjal adalah endapan keras yang terbentuk dari zat yang ada di air kencing. Prosesnya disebut nephrolithiasis.

Penyakit batu ginjal atau kencing batu ini biasanya berukuran sangat kecil atau bisa mencapai sekitar beberapa inci. Ukuran batu yang lebih besar yang mengisi saluran yang membawa kencing dari ginjal ke kandung kemih disebut batu staghorn.

Asal tahu saja, sepertiga dari orang-orang di dunia memiliki kondisi adanya batu pada ginjal mereka, tapi hanya setengahnya yang punya gejala batu ginjal.

Meski tanpa gejala, batu pada  ginjal bisa menimbulkan masalah, seperti infeksi dan penyumbatan aliran kencing. Batu yang tersangkut di kandung kemih akan menyebabkan kencing batu dan memunculkan banyak gejala.

Banyak pakar kesehatan mengatakan, batu ginjal dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi minuman yang tinggi zat kapur atau beberapa jenis mineral lainnya. Kandungan inilah yang akhirnya bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

 

Berikut adalah beberapa tanda batu ginjal yang sebaiknya kita waspadai;

1. Merasa nyeri saat buang air kecil

Gejala yang paling jelas dari munculnya batu ginjal adalah munculnya sensasi nyeri saat kita sedang melakukan buang air kecil.

Hal ini disebabkan oleh batu ginjal yang sudah cukup padat di dalam ginjal atau saluran kemih yang membuat kita merasakan adanya hambatan yang memicu sensasi nyeri saat buang air kecil.

Dalam banyak kasus, hal ini juga bisa menyebabkan urine sulit dikeluarkan dengan tuntas akibat tersumbat batu ginjal.

2. Munculnya darah saat buang air kecil

Bagi mereka yang mengalami masalah batu ginjal, urine ini bisa saja disertai dengan darah dengan warna yang cenderung gelap.

Hal ini menandakan bahwa batu ginjal di dalam ginjal atau saluran kemih sudah cukup besar sehingga menyebabkan luka pada bagian tersebut.

 

3. Aroma urine sangat menyengat

Selain adanya darah yang ikut keluar bersama dengan urine, terkadang urine juga mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Hal ini juga menandakan masalah batu ginjal. Hal ini dipicu oleh ginjal yang tak lagi berfungsi dengan baik akibat dari adanya batu ginjal yang mengganggunya. Inilah yang akhirnya membuat banyak zat kima tak mampu disaring dengan baik dan ikut keluar bersama dengan urine saat buang air kecil.

 

4. Menyebabkan sensasi mual

Hal ini disebabkan oleh fungsi ginjal yang semakin menurun sehingga membuat proses penyaringan limbah dan racun tidak bisa dilakukan dengan baik. Kondisi inilah yang kemudian memicu sensasi mual pada tubuh.

 

5. Menyebabkan nyeri punggung

Nyeri punggung yang cukup parah bisa disebabkan oleh masalah batu ginjal. Karena alasan inilah kita harus benar-benar memeriksakan kondisi sakit punggung yang cukup parah ke dokter demi mengetahui penyebab pastinya.

 

6. Tubuh yang demam dengan parah hingga menggigil

Jika batu ginjal sudah memasuki saluran kemih, maka akan menyebabkan datangnya luka yang memicu infeksi saluran kemih.

Salah satu gejala dari masalah kesehatan ini adalah munculnya demam hingga menggigil. Masalahnya adalah jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, dikhawatirkan akan menyebabkan gejala yang jauh lebih serius.

 

7. Pembengkakan pada ginjal

Batu ginjal bisa saja berukuran kecil dan keluar lewat urine dengan sendirinya, namun di banyak kasus, batu ginjal berukuran besar dan tidak bisa dikeluarkan secara alami oleh tubuh sehingga terjebak di dalam ginjal atau saluran kemih.

Jika sampai hal ini terjadi, maka ginjal pun akan mengalami pembengkakan parah yang akhirnya bisa memicu susah buang air kecil atau buang air kecil yang tidak tuntas.

Masih banyak tanda-tanda atau gejala batu ginjal yang tidak disebutkan di atas. Jika punya masalah dengan salah satu gejalanya, segera berkonsultasi dengan dokter. Batu ginjal yang tidak diatasi dapat mengarah pada kerusakan ginjal.

 

BACA JUGA :

Teknologi Pengobatan Batu Ginjal

Bahaya Batu Ginjal

Makanan Penghancur Batu Ginjal

Makanan Pantangan Batu Ginjal

Harga Mosehat Batu Ginjal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *