Ini Bukti Diabetes Kering Bisa Sembuh

By | 16 Juni 2020

Ini Bukti Diabetes Kering Bisa Sembuh

Ini Bukti Diabetes Kering Bisa Sembuh

Apakah Anda masih belum percaya? ini bukti diabetes kering bisa sembuh. Diabetes Kering Bisa Sembuh Memahami luka kering pada pengidap diabetes. Saat tubuh terluka, proses penyembuhan membutuhkan sirkulasi darah yang lancar pada area luka. Alasannya, karena aliran darah yang lancar memungkinkan sel-sel tubuh yang rusak mendapat oksigen dan nutrisi. Dengan begitu, sel akan meregenerasi diri dengan sel sehat sehingga luka jadi pulih.

Pada pasien diabetes, luka kering terjadi karena adanya kerusakan pembuluh darah akibat gula darah tinggi yang berkepanjangan. Kondisi ini disebabkan sirkulasi darah terganggu.

Jadi, gejala khas dari luka kering pada penderita diabetes adalah proses penyembuhan luka yang lebih lama dari orang sehat. Bila diamati, luka kering pada penderita diabetes tidak menimbulkan gejala luka bernanah.

Memahami luka kering pada pengidap diabetes

 

Luka basah merupakan kondisi lebih lanjut dari luka kering pada penderita diabetes. Ini bisa terjadi karena luka kering tidak diobati dengan tepat atau kadar gula darah pasien diabetes yang terus tinggi sehingga menghambat proses penyembuhan.

Luka diabetes basah ditandai dengan munculnya nanah dan ini merupakan gejala yang khas dari luka basah. Munculnya nanah, menandakan luka diabetes telah terinfeksi oleh bakteri.

Selain itu, gejala khas dari diabetes basah yang perlu diwaspadai adalah proses penyembuhan yang jauh lebih lama dibanding luka kering. Pada beberapa kasus, infeksi luka yang sulit sembuh dapat menyebar ke area lain sehingga harus dilakukan tindakan amputasi.

Mencegah luka diabetes bertambah parah

Luka pada diabetes memang sulit sembuh. Agar tidak berkembang menjadi luka kering maupun basah, pasien diabetes harus mencegah munculnya luka, terutama pada kaki.

Berikut ini beberapa tips menghindari terjadinya luka kering maupun basah pada pasien diabetes, di antaranya:

  • Rajin membersihkan kaki setiap hari. Ketimbang menggosok, lebih baik memijat dan mengusap pelan kulit kaki saat dibersihkan.
  • Setelah dibersihkan, keringkan kaki dengan handuk lembut. Caranya, keringkan dengan ditepuk-tepuk pelan.
  • Tidak membiarkan kaki basah dalam waktu lama
  • Hindari berjalan tanpa alas kaki, terutama di luar rumah
  • Pakai sepatu yang nyaman, yakni sesuai dengan ukuran kaki
  • Potong kuku kaki dan tangan secara rutin, namun hindari memotong kutikula kuku
  • Lakukan pemeriksaan kaki secara rutin pada dokter yang menangani kondisi Anda

Meski sudah menerapkan tips di atas, risiko terjadinya luka kering maupun basah pada pasien diabetes tetap ada. Bila pasien diabetes mengalami luka, segera lakukan hal ini agar kondisinya tidak semakin bertambah parah. Perawatan luka diabetes yang bisa Anda lakukan, antara lain:

Rutin diobati

Jika sudah terluka, pasien diabetes perlu merawat luka tersebut dengan baik. Pasien perlu membersihkan luka dan menutupinya dengan perban bersih.

Baiknya, Anda memakai kaus kaki jika menggunakan sepatu. Namun, sesekali buka sepatu dan kaus kaki agar kulit juga bisa bernapas dan tidak lembap.

Konsultasi ke dokter

Bila luka diabetes kering yang Anda alami tidak pulih dalam beberapa minggu, terus menyebar, terasa sakit, dan menyakitkan, segera periksa ke dokter. Semua gejala tersebut bisa menandakan luka kering telah berkembang menjadi luka basah akibat infeksi.

Umumnya, luka akan diobati dengan krim atau salep antibiotik. Jangan sepelekan luka ini karena bisa bertambah parah dan berakhir dengan tindakan amputasi.

Menjaga kadar gula darah tetap normal

Merawat luka diabetes, baik kering maupun basah tidak hanya lewat obat antibiotik saja. Pasien diabetes perlu menjaga kadar gulanya tetap normal karena ini menjadi salah satu faktor untuk mendukung proses penyembuhan luka.

Kadar gula yang normal bisa diraih dengan menerapkan pola hidup yang sehat, seperti menjaga pola makan tetap sehat, rutin olahraga, tidur dan cukup minum, dan minum obat diabetes sesuai anjuran dokter.

== Apakah Anda akan mengantungkan hidup Anda dengan obat-obatan kimia ? ==

Beralihlah ke MOSEHAT, obat herbal alami 100% Aman dan sudah Terbukti Ampuh ! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *