Kelor Membantu Melancarkan ASI

By | 10 Oktober 2019

 

Mosehat.id – Sebenarnya ada banyak sumber makanan / sayuran yang dipercaya dapat memperlancar produksi ASI ibu menyusui. Tentunya, bunda tersayang sudah mengerti makanan apa saja yang bisa memperlancar ASI bunda. Karena kalau sudah urusan Anak tercinta, tentu bunda akan melakukan segala cara agar sih buah hati tetap mendapatkan ASI eksklusif. Mulai dari menyimpan stock ketersediaan ASI, lalu menyimpan di freezer,bahkan sampai mencoba berbagai cara lainnya untuk memnuhi kebutuhan si buah hati. Cara memperbanyak suplai ASI bisa dengan cara mengkonsumsi sayuran bergizi tinggi, bisa mengkonsumsi daun katuk misalnya.

 

Baca juga : Daun kelor obat asam urat

Ya, meski tak sepopuler si primadona daun katuk, daun kelor terbukti berpotensi mendukung kelancaran produksi ASI. Lantas, bagaimana cara mengolah daun kelor untuk dikonsumsi ibu menyusui? Harus seberapa rutin mengonsumsinya untuk meraih manfaat yang satu ini? Simak ulasannya di bawah ini.

 

Manfaat daun kelor untuk ASI

Daun kelor sendiri berasal dari pohon kelor, yang mempunyai nama latin moringa oleifera. Daun kelor didukung oleh rentetan nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti vitamin A, B, dan C. Per 100 gram daun kelor juga mengandung 75 kalori, 60 gram protein, 13 gram karbohidrat, dan 353 mg kalsium. Selain itu, daun kelor mengandung zat besi yang bisa mencegah anemia. Total kandungan nutrisi dalam 200 mg daun kelor bahkan setara dengan 4 butir telur dan 2 gram susu.

Baca juga : Daun Kelor Obat Diabetes

Bukan hanya itu saja, daun kelor merupakan sumber sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Satu cangkir daun kelor segar (21 gram) mengandung:

  1. Protein: 2 gram
  2. Vitamin B6: 19% dari AKG
  3. Vitamin C: 12% dari AKG
  4. Zat besi Besi: 11% dari AKG
  5. Riboflavin (B2): 11% dari RDA
  6. Vitamin A (dari beta-karoten): 9% dari AKG
  7. Magnesium: 8% dari AKG

*AKG: Angka Kecukupan Gizi

 

Mengutip Mindbodygreen, sebuah studi yang dipimpin oleh Dr. Michelle A. Taup, MD., menemukan bahwa kelompok ibu menyusui yang rutin mengonsumsi daun kelor sebanyak dua kali sehari mengalami peningkatan produksi ASI yang cukup tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *