Apa Saja Makanan Penyebab Asam Urat?

By | 6 February 2021

Makanan Penyebab Asam Urat

Apa Saja Makanan Penyebab Asam Urat?

Apa Saja Makanan Penyebab Asam Urat? halo warga, makanan yang baik bagi tubuh itu banyak. Namun, ada juga makanan penyebab asam urat juga ternyata lho. Kalau denger nama asam urat ini ngeri-ngeri sedep gimana gitu ya hehe. Warga gak usah khawatir, karena asam urat ini jinak kok kalau kita mau menjaga pola makan kita. Penyebab kadar asam urat meningkat ketika ginjal tidak dapat menghilangkan asam urat secara efisien. Ini dapat menyebabkan perlambatan dalam penghapusan asam urat termasuk konsumsi makanan tertentu, mengalami kelebihan berat badan, diabetes, dan menghabiskan terlalu banyak alkohol.

Beberapa gejala asam urat adalah rasa sakit pada sendi yang umumnya bereaksi pada pagi dan malam sebelum tidur. Selain itu, kaki yang mengalami nyeri bersendak kemerahan kemudian sulit untuk dipindahkan, dan bahkan menjadi kaku. Banyak sekali warga yang curhat sama minmo (admin mosehat) bahwa mereka sering kambuh gitu asam uratnya, padahal makanannya sudah dijaga. Ya gimana ya hehe, coba baca dulu deh apa saja makanan penyebab asam urat ?

 

Daging Merah

Makanan penyebab asam urat yang pertama adalah daging. Daging merah seperti daging sapi, kambing, dan domba merupakan kadar purin yang tinggi. Daging-daging tersebut dianjurkan untuk tidak dikonsumsi oleh para penderita asam urat. Selain daging merah, daging angsa dan kalkun juga sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. Meskipun keduanya termasuk daging putih, kadar purin yang terkandung di dalamnya menjadi alasan.

Kedua daging tersebut memiliki kadar purin yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging ayam. Begitu juga dengan produk olahan pabrik. Daging olahan seperti sosis, salami, kornet, ham, nugget, dan bacon juga menjadi makanan yang sebaiknya dihindari oleh orang yang menderita asam urat. Untuk mengganti kebutuhan protein agar selalu terpenuhi, anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi daging ayam, kedelai, tahu, dan tempe.

Olahan Laut

Ada lagi penyebab asam urat adalah jenis makanan laut. Meskipun makanan laut seperti ikan laut memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh, tetapi jika Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi, Anda harus menghindari jenis makanan ini.

Sarden, Teri, Mackarles, Kepiting, dan Kerang adalah salah satu contoh makanan laut yang memiliki kadar purin yang tinggi.

Anda dapat mengganti makanan laut dengan mengonsumsi makanan laut lainnya yang berisi kadar purin rendah. Salmon bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda, tetapi masih belum terlalu sempurna masaknya.

 

Sayuran

Ada lagi Makanan penyebab asam urat yaitu beberapa jenis sayuran. Jangan dikira semua sayuran dapat anda konsumsi dengan aman. Meskipun memiliki kandungan nutrisi yang baik, beberapa sayuran juga memiliki kandungan yang tidak baik bila dikonsumsi terus menerus oleh penderita asam urat.

Asparagus, kembang kol, bayam, dan buncis adalah beberapa sayuran yang memiliki kandungan purin yang cukup tinggi dibanding yang lainnya. Anda memang masih diperbolehkan untuk mengonsumsinya, namun dengan porsi yang terbatas. Warga tenang aja, karena masih banyak makanan lain yang bisa warga konsumsi lho.

 

Jeroan

Makanan menyebabkan asam urat berikutnya adalah jeroan. Mungkin menu makanan dalam bentuk organ dalam hal ini adalah favorit bagi sebagian orang. Tetapi jika Anda adalah penderita gout, Anda harus berpikir lagi jika Anda ingin mengkonsumsinya.

Makanan seperti hati, ginjal, otak, dan organ-organ lain adalah salah satu contoh makanan yang memiliki kandungan purin tinggi. Itu sebabnya penderita asam urat perlu menghindari jenis makanan ini.

 

Makanan Berlemak

Makanan penyebab gout selanjutnya adalah makanan berlemak. Sebagian besar makanan berlemak dapat memicu kenaikan berat badan. Ketika berat badan seseorang meningkat, tubuh mereka akan menghasilkan lebih banyak insulin.

Meningkatkan kadar insulin yang ada dalam tubuh dapat mengganggu fungsi ginjal untuk membuang asam urat. Asam Gress yang tersisa tidak terbuang sia-sia pada akhirnya akan menumpuk dan menetap sehingga membentuk kristal dalam sambungan. Semakin mengembangkan asam urat dapat memicu munculnya penyakit lain.

 

Baca Juga : 

Bahaya Asam Urat jika Tidak Diobati

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *