Kelor Daun Ajaib Dengan Segudang Manfaat

By | 4 Oktober 2019

 

Mosehat.id – Mungkin banyak diantara kita, bahkan masyarakat luas mengira bahwasannya daun kelor sama halnya dengan daun-daun lainnya. Iya, hanya sebatas daun pada umumnya dan nihil manfaat. Bahkan mitos yang beredar di masyarakat daun kelor sebagai metode untuk mengusir makhluk tak kasat mata. Selain itu, daun kelor juga dikenal seperti daun bidara yaitu sebagai bahan untuk memandikan jenazah guna membersihkan seluruh aura negatif yang masih tersisa. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak khasiat daun kelor bagi kesehatan tubuh lho?

Daun kelor mempunyai banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Data tersebut juga dikuatkan dengan hasil yang dirlisi oleh data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengatakan bahwa manfaat daun kelor bagi kesehatan di antaranya dapat membantu perkembangan tubuh serta menjadi obat tradisional untuk berbagai jenis penyakit. Apa yang menjadikan daun kelor bermanfaat adalah berbagai kandungannya yang begitu melimpah.

 

Kandungan Baik Yang Terdapat Pada Daun Kelor 

Daun kelor merupakan sumber sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Satu cangkir daun kelor segar (21 gram) mengandung:

  1. Protein: 2 gram
  2. Vitamin B6: 19% dari AKG
  3. Vitamin C: 12% dari AKG
  4. Zat besi Besi: 11% dari AKG
  5. Riboflavin (B2): 11% dari RDA
  6. Vitamin A (dari beta-karoten): 9% dari AKG
  7. Magnesium: 8% dari AKG

*AKG: Angka Kecukupan Gizi

Selain itu, ada banyak khasiat daun kelor bagi kesehatan lainnya yang lebih mengejutkan. Selengkapnya simak daftar manfaat daun kelor untuk kesehatan yang harus Anda ketahui di bawah ini.

Menurunkan Kadar Gula

Dari hasil penelitian yang dilakukan di Mumbai, India, ditemukan sebuah hasil yang mengatakan bahwa manfaat daun kelor olahan, baik berupa teh ataupun sayur bisa menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan.

 

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Untungnya, banyak makanan nabati yang secara efektif dapat mengurangi kolesterol. Ini termasuk biji rami, oatmeal dan almond.

Kedua studi berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa daun kelor mungkin memiliki efek penurun kolesterol yang serupa.

Baca juga : Daun Kelor Obat Asam Urat

 

Gizi untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui membutuhkan gizi yang cukup agar kesehatan bayi tetap terjaga. Mengonsumsi daun kelor sangat disarankan untuk ibu menyusui. Daun kelor secara ilmiah terbukti mendukung laktasi dan mulai populer untuk ibu menyusui.

Selain itu, penelitian juga telah menunjukkan bahwa daun kelor dapat bertindak sebagai galaktagog, yaitu zat alami untuk mendukung kelancaran laktasi.

Dan masih banyak lagi manfaat dari daun kelor ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *