Teknologi Pengobatan Batu Ginjal

By | 7 Juli 2020

Teknologi Pengobatan Batu Ginjal

Teknologi Pengobatan Batu Ginjal

Bagaimana sih Teknologi Pengobatan Batu Ginjal ? Anda penasaran ? simak yuk ulasan sederhana namun bermanfaat ini. Teknologi dalam dunia keokteran tentunya sudah tidak asing lagi apalagi terkait penyakit dalam. Metode ini adalah salah satu pemeriksaan penunjang yang sangat bermanfaat bagi Dokter untuk menegakkan diagnosis, terutama untuk melihat perdarahan, patah tulang, dan tumor di berbagai organ tubuh, mulai dari kepala hingga tangan dan kaki. Selain itu, dengan keberadaan alat ini, pemeriksaan seperti biopsi dan kolonoskopi, dan terapi radiasi untuk kanker dapat dilakukan dengan lebih terarah sehingga meminimalkan efek samping yang dapat terjadi. Apa saja ya manfaat alat ini yang sudah dimiliki oleh Rumah Sakit ?

Apa Saja Kelebihan CT-Scan Ge Revolution 32 Slices Ini ?

Sering kali pasien dan Dokter ragu untuk melakukan pemeriksaan dengan cara ini karena radiasinya yang dikhawatirkan tinggi, terutama untuk anak-anak, dan dosis kontras yang dikhawatirkan dapat membebani kerja ginjal. Kekhawatiran tersebut dijawab dengan teknologi GE Revolution 32 Slices yang menawarkan proses pemeriksaan dengan dosis radiasi yang lebih rendah dan penyesuaian dosis kontras di anak-anak. Selain itu, mesin canggih ini juga dapat memberikan gambar hasil pemeriksaan dengan resolusi tinggi, akuisisi yang cepat, dan sesuai kebutuhan Dokter.

Untuk Cedera

Cedera kepala akibat trauma/benturan karena kecelakaan mobil, jatuh, kekerasan, dan lainnya dapat menyebabkan patah tulang tengkorak dan perdarahan otak. Kesadaran pasien akan berkurang, bahkan hingga pingsan, selama beberapa menit hingga jam, anggota gerak dan anggota tubuh pasien juga dapat tiba-tiba lumpuh/tidak dapat digerakkan, otot-otot wajah menjadi tidak dapat digerakkan (ditandai dengan bicara pelo, tidak bisa tersenyum, tidak bisa mengunyah, tidak bisa mengangkat alis atau menggembungkan pipi, dll.

 

CT-Scan Untuk Pemeriksaan

Penyakit-penyakit pada saluran napas hingga paru sering kali ditandai dengan sesak, batuk, dan nyeri dada. Pemeriksaan dada dengan alat ini dapat memperlihatkan organ-organ di dada, mulai dari saluran napas hingga paru, jaringan lunak di sekitarnya, pembuluh darah, tulang rusuk hingga tulang belakang lebih baik dibandingkan Rontgen atau X-Ray sehingga membantu Dokter menegakkan diagnosis dengan lebih pasti dan memberikan obat serta tata laksana dengan lebih tepat, termasuk terapi radiasi kanker.

 

CT-Scan Untuk Pemeriksaan Ginjal

Tumor kandung kemih, batu ginjal dan kandung kemih, tumor ginjal, penyakit ginjal polikistik, dan batu di saluran kencing dapat dilihat melalui pemeriksaan. Selain melihat bentuknya, ukuran dan lokasinya pun dapat dilihat melalui gambar hasil pemeriksaan, sehingga membantu Dokter memutuskan tata laksana apa yang tepat diberikan kepada pasien.

 

CT-Scan Untuk Pemeriksaan

Pemeriksaan dapat digunakan untuk melihat trauma tulang belakang, mulai dari tulang belakang setinggi leher hingga setinggi pinggul, infeksi, trauma, dan patah tulang di tangan dan kaki. CT panoramic dapat digunakan untuk membantu operasi bedah mulut karena dapat memperlihatkan pembuluh darah dan jaringan lunak di sekitar lokasi mulut yang dioperasi. Dengan cara paranasal dapat digunakan untuk melihat sinusitis dan polip. Alat ini juga digunakan oleh Dokter Spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan untuk melakukan operasi pada pasien dengan variasi anatomi/struktur wajah, melihat patah tulang wajah, dan melihat tumor di daerah telinga, hidung, atau tenggorokan.

Apa saja yang harus saya ketahui dan bagaimana persiapan melakukan pemeriksaan ?

Wanita hamil, ibu menyusui, pasien yang memiliki alergi terhadap kontras yang akan digunakan saat pemeriksaan ini, pasien dengan gangguan fungsi ginjal, gangguan fungsi jantung, asma, kelainan tiroid, penderita klaustrofobia atau takut terhadap ruangan sempit, pasien diabetes mellitus yang sedang mengkonsumsi obat metformin, dan anak-anak memerlukan konsultasi dan perhatian khusus sebelum melakukan pemeriksaan.

Apakah Pemeriksaan CT-Scan Berbahaya?

Pada umumnya pemeriksaan ini  tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Setelah pemeriksaan selesai pun Anda dapat beraktivitas normal. Radiasi yang digunakan oleh teknologi ini  adalah kadar radiasi yang tidak berbahaya, bahkan radiasi yang dipaparkan oleh GE Revolution 32 Slices adalah radiasi dengan kadar yang sama dengan yang ada di angkasa. Gagal ginjal yang bisa dialami oleh pasien dengan gangguan fungsi ginjal karena pemberian kontras jarang terjadi, karena konsultasi dan penyesuaian dosis sudah dilakukan sejak sebelum pemeriksaan.

 

BACA JUGA : 

Makanan Penghancur Batu Ginjal

Bahaya Batu Ginjal

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *